image desc

Sejarah Dispenser: dari Dipompa dengan Tangan hingga Otomatis, Galon Bawah, Star UV

Sejarah dispenser telah berkembang sejak dari zaman dahulu, dimulai dengan metode yang sederhana seperti dipompa dengan tangan hingga teknologi yang lebih canggih seperti dispenser otomatis, dispenser galon bawah, dan dispenser UV. Berikut adalah sejarah dispenser yang lebih rinci:

 

  1. Dipompa dengan Tangan

Dispenser mula-mula terlahir dengan metode yang sangat sederhana, yaitu dipompa dengan tangan. Metode ini digunakan untuk menyalurkan air atau minuman dari satu wadah ke wadah yang lain.

 

  1. Dispenser Galon

Dispenser galon mulai muncul pada tahun 1800-an. Galon sendiri pada saat itu merujuk pada wadah yang digunakan untuk menyimpan air atau minuman dalam jumlah besar dan dapat digunakan untuk menyalurkan cairan dengan menggunakan sistem pompa.

 

  1. Dispenser Otomatis

Dispenser seperti yang kita kenal sekarang ini dicetuskan oleh Luther Haws dan Halsey Willard Taylor pada 1906 dan terinspirasi dari keran air. Penemuan ini pun merupakan bentuk upaya Haws dan Taylor dalam penyediaan air minum yang lebih higienis.

 

  1. Dispenser Galon Bawah

Pada tahun 1950-an, dispenser galon bawah mulai digunakan. Ini adalah dispenser yang menyimpan cairan dalam galon yang diletakkan di bawah dispenser dan menggunakan sistem pompa untuk mengeluarkan cairan. Inovasi ini menyederhanakan proses penyimpanan dan penyaluran cairan dan membuat dispenser lebih efisien.

      Dispenser STAR UV

  1. Dispenser UV

Pada akhir tahun 1990-an, dispenser UV dikembangkan. Dispenser UV, sesuai dengan namanya, menggunakan teknologi UV untuk menghilangkan kuman dan bakteri dari cairan yang disimpan dan dikeluarkan. Penggunaan teknologi ini membuat dispenser lebih aman dan efektif dalam menjaga kualitas cairan yang disimpan. Selain itu, teknologi indikator air habis juga turut mempermudah penggunaan dispenser, mengingat dispenser ini adalah dispenser galon bawah yang tidak secara langsung menunjukkan jumlah air dalam galon. Dispenser STAR UV dari GEA merupakan salah satu dispenser yang menggunakan teknologi UV. Dengan teknologi ini, pengguna pun dapat merasa semakin aman dari berbagai jenis kuman dan penyakit.

 

  1. Dispenser dengan Fitur Tambahan

Pada tahun 2000-an, perusahaan dispenser semakin berlomba-lomba untuk menghasilkan inovasi baru pada dispenser dengan fitur tambahan seperti sistem pendingin, sistem pengukuran, sistem pembersih, dan sistem pembayaran otomatis. Hal ini  Dengan adanya perkembangan ini membuat dispenser semakin nyaman dan efisien digunakan.

Dispenser POLARIS GEA

  1. Dispenser dengan desain yang Elegan

Pada era modern ini, perkembangan dispenser tidak lagi terbatas pada teknologi yang disediakan, melainkan juga turut merambat ke desain yang digunakan. Dispenser masa kini hadir dengan beragam desain yang elegan dan modern. Desain-desain yang digunakan juga tentunya disesuaikan dengan permintaan pasar di mana konsumen mencari desain yang menarik dan sesuai dengan interior bisnis atau rumah tangga. Dispenser Polaris dari GEA hadir dengan desain yang elegan dan menarik, terutama dengan panel depan yang menggunakan bahan stainless steel. Selain desain yang menarik, dispenser Polaris pun hadir dengan beragam teknologi yang meningkatkan kenyamanan konsumen, salah satunya adalah digital display yang menampilkan suhu secara mudah.

 

Perkembangan dispenser sepanjang sejarah menunjukkan bahwa dispenser telah menjadi lebih mudah digunakan dan diintegrasikan dalam berbagai lingkungan bisnis atau rumah tangga. Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, dispenser saat ini pun hadir dengan fitur-fitur yang lebih canggih seperti sistem pembayaran otomatis, sistem pendingin, dan sistem pengukur yang membuat dispenser lebih efisien dan nyaman digunakan.

 

Contohnya saja, dispenser air sekarang ada yang dilengkapi dengan fitur penyaring yang berfungsi untuk menyaring kontaminan dengan tujuan menyediakan air yang lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu penggunaan stainless steel pada dispenser juga mendukung tersedianya air yang bersih, pasalnya, dengan stainless steel maka air dalam tangki akan lebih terjamin kebersihannya dan bebas dari jamur.

 

Secara keseluruhan, sejarah perkembangan dispenser menunjukkan bahwa dispenser, sama seperti teknologi lainnya, telah mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa. Seluruh perkembangan yang ada memiliki tujuan untuk menjaga kualitas air minum bagi pengguna. Dispenser berkembang dari metode yang sederhana seperti dipompa dengan tangan hingga teknologi yang lebih canggih seperti dispenser otomatis, dispenser galon bawah, dispenser UV dan dispenser dengan fitur-fitur tambahan, dispenser sekarang lebih aman, efisien, dan nyaman digunakan.

 

Nah, itu dia sejarah mengenai perkembangan dispenser, serta rekomendasi dispenser dari GEA. Kunjungi www.gea-rsa.com untuk mendapatkan dispenser kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.